Internet Hemat Tanpa Kuota Bebas Pemakaian

Diposting pada

Internet Hemat Tanpa Kuota Bebas Pemakaian – Pada era serba teknologi seperti saat ini, internet hemat tanpa kuota bebas pemakaian telah menjadi kebutuhan pokok.

Di Indonesia sendiri, kecepatan internet pada beberapa tahun terakhir telah meningkat pesat dan saat ini sudah memasuki era 4G dengan kecepatan akses mencapai 100 mbps (megabyte per second). Bahkan teknologi 4,5G tengah dikembangkan.

Paket Internet Provider Seluler vs Internet Service Provider

Advertisements

Internet dapat diakses melalui banyak perangkat, antara lain : ponsel pintar atau smartphone, laptop atau komputer, dan tablet PC.

Internet Hemat Tanpa Kuota Bebas Pemakaian

Supaya dapat mengakses internet itu sendiri, pengguna harus berlangganan layanan paket internet dari provider seluler atau internet service provider atau yang lebih familier disebut dengan ISP.

Perbedaan sederhana dari provider seluler dengan ISP adalah pada layanan yang disediakan. ISP hanya fokus pada penyediaan jaringan internet pada areal perumahan, sarana publik, maupun instansi.

Sedangkan provider seluler selain menyediakan internet juga dilengkapi akses telepon dan SMS sebab penggunaan diutamakan pada perangkat mobile seperti smartphone.

Keunggulan Dan Kekurangan Provider Seluler Serta Internet Service Provider

Advertisements

Meskipun sama-sama menyediakan paket internet, faktanya keduanya memiliki perbedaan yang signifikan di mana ISP menyediakan layanan internet true unlimited, sedangkan provider seluler pun memberikan pilihan paket internet unlimited, tetapi memberikan batas pemakaian wajar dalam aksesnya dengan tujuan menghindari server menjadi down. Pilihan internet lain dari provider seluler adalah paket kuota.

Internet Hemat Tanpa Kuota Bebas Pemakaian

Jika dijabarkan, maka keunggulan ISP adalah tidak memberikan batasan pemakaian wajar kepada pelanggan, di mana dengan demikian dapat mengakses internet kapan pun tanpa khawatir akan kehabisan kuota atau melampaui FUP yang kemudian berimbas diturunkannya kecepatan internet. Sayangnya, memasuki tahun 2018, semua perusahaan ISP menaikkan tarif hingga 20%.

Tahun lalu, salah satu ISP masih menyediakan layanan internet true unlimited dengan kecepatan up to 25 mbps dengan banderol hanya Rp. 250.000,- per bulan, namun pada awal tahun 2018 naik menjadi Rp. 300.000,- per bulan. Tarif tersebut belum termasuk pemasangan awal yang biasa menghabiskan dana minimal Rp. 750.000,- .

Bicara tentang lebih murah dalam perhitungan jangka pendek memang internet unlimited dari provider seluler memang lebih unggul.

Internet unlimited dari provider seluler sendiri dibanderol mulai harga Rp. 60.000,- per bulan, tetapi perlu diketahui bahwa FUP-nya pun sangat sedikit, yakni 2 giga saja yang tentu terasa kurang untuk memenuhi mobilitas bulanan.

Kesimpulannya, untuk kebutuhan internet hemat tanpa kuota bebas pemakaian bergantung pada kebutuhan masing-masing individu.

Jika memang memiliki mobilitas internet tinggi, maka lebih baik menggunakan layanan internet dari Internet Service Provider meskipun sedikit mahal, tetapi tidak perlu khawatir ketika menggunakannya. Sedangkan jika membutuhkan internet ala kadarnya, bisa menggunakan provider seluler saja.

Advertisements

Tinggalkan Balasan