Cara Menjadikan Laptop sebagai Hotspot Tanpa Software yang Harus Anda Ketahui

Diposting pada

Cara Menjadikan Laptop sebagai Hotspot Tanpa Software – Bagi Anda yang memiliki pekerjaan atau kegiatan yang sering berhubungan dengan akses internet tentu sering kali menggunakan bantuan dari hotspot untuk mempermudah pekerjaan Anda tentunya.

Dengan menggunakan hotspot maka Anda dapat mengakses internet dengan radius tertentu misalnya 100 meter. Akan tetapi tidak semua tempat memiliki fasilitas hotspot area. Oleh karenanya apabila Anda ingin mengakses hotspot maka Anda harus menyediakan hotspot sendiri yang dapat dibawa ke mana-mana tentunya.

Advertisements

Namun penggunaan hotspot portable terkadang memiliki banyak kelemahan di antaranya mahal dan tidak stabil. Jangan khawatir karena kini terdapat cara untuk menjadikan laptop sebagai hotspot tanpa software yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi Anda.

Cara Menjadikan Laptop sebagai Hotspot Tanpa Software yang Harus Anda Ketahui

Laptop dan internet tentu keduanya merupakan komponen yang saling terkait dan sering digunakan secara bersamaan untuk mendukung fungsi masing-masing. Bahkan untuk menunjang pekerjaan maupun berbagai kegiatan sering kali dibutuhkan dua komponen tersebut.

Kini Anda dapat menjadikan laptop sebagai salah satu sumber hotspot sehingga dapat digunakan kapan pun dan di mana pun. Biasanya membuat hotspot pada laptop membutuhkan software atau aplikasi khusus untuk mengubahnya.

Akan tetapi bagi Anda yang menginginkan membuat hotspot dari laptop Anda tanpa menggunakan software kini bisa dilakukan. Berikut adalah uraian mengenai cara menjadikan laptop sebagai hotspot tanpa software yang harus Anda ketahui :

Cara Menjadikan Laptop sebagai Hotspot Tanpa Software

Cara Menjadikan Laptop sebagai Hotspot Tanpa Software yang Harus Anda Ketahui

Advertisements
  • Membuka command prompt

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika akan menjadikan laptop sebagai hotspot tanpa software adalah dengan membuka command prompt.

Anda dapat mencari menu tersebut pada program dalam laptop Anda. Caranya cukup mudah klik start pilih all program lalu ketikan CMD pada kolom pencarian. Tunggu hingga aplikasi tersebut muncul dan segeralah dibuka.

  • Pemberian kode pada jendela CMD

Selanjutnya langkah yang harus Anda lakukan untuk menjadikan laptop sebagai hotspot WIFI adalah dengan memberikan kode pada jendela CMD.

Kode tersebut yaitu netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=nama WIFI Anda key=password WIFI Anda. Setelah Anda memasukkan kode maka Anda dapat menekan tombol enter yang terdapat pada laptop Anda.

  • Mengganti nama WIFI dan password WIFI

Kemudian langkah yang harus Anda lakukan setelah memberikan kode pada jendela CMD adalah dengan mengganti nama WIFI dan password WIFI yang Anda miliki.

Sebaiknya gunakan perpaduan antara huruf dan angka pada password WIFI yang Anda miliki sehingga tidak mudah untuk diretas oleh hacker.

  • Bagikan koneksi adapter kepada pengguna yang lain

Selanjutnya langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat hotspot pada laptop Anda dengan membagikan koneksi adapter kepada pengguna lain sehingga hotspot WIFI yang Anda buat dapat diakses oleh perangkat yang lain. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan sinyal WIFI yang Anda miliki agar dapat digunakan.

  • Bagikan koneksi melalui control panel

Selanjutnya Anda dapat membagikan koneksi internet melalui control panel. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka control panel lalu memilih open network and sharing center lalu pilih change adapter settings.

Setelah kotak dialog muncul maka Anda dapat klik kanan dan pilih properties kemudian pilih tab sharing dan izinkan perangkat lain untuk mengakses WIFI Anda. Pada home networking yang Anda buat pilihlah local area connection lalu klik ok.

Demikianlah cara untuk membuat hotspot pada laptop tanpa software yang harus Anda ketahui. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Advertisements

Tinggalkan Balasan