Cara Mengatasi PC Yang Tidak Bisa Mendeteksi WIFI (Windows 7)

Diposting pada

Cara Mengatasi PC Yang Tidak Bisa Mendeteksi WIFI (Windows 7) – Salah satu masalah yang sering terjadi dalam pemanfaatan jaringan WIFI pada PC adalah tidak bisa terkoneksi antara PC dan jaringan WIFI.

Masalah ini sering terjadi saat  PC tidak bisa mendeteksi jaringan WIFI padahal perangkat milik orang lain bisa untuk melakukannya.

Hal ini membuktikan bahwa perangkat PC Anda mengalami permasalahan sehingga tidak berjalan dengan baik. Namun jangan buru-buru untuk menginstall ulang seluruh perangkat PC yang Anda miliki.

Advertisements

Cara Mengatasi PC Yang Tidak Bisa Mendeteksi WIFI (Windows 7)

Kali ini kami akan memberikan tips untuk mengatasi permasalahan tentang tidak bisanya PC mendeteksi jaringan WIFI dengan mudah tanpa perlu install ulang.

Cara Mengatasi PC Yang Tidak Bisa Mendeteksi WIFI (Windows 7)

Melalui Setting Address Dan DNS Server

Sebelum untuk mempraktikkan cara ini Anda harus memastikan terlebih dahulu tentang IP router default yang dimiliki cara untuk melakukannya adalah dengan menekan logo Windows + tombol R pada keyboard.

Terdapat sebuah kolom dan tulis CMD lalu enter. Setelah itu, terdapat kembali kolom dan Anda harus mengisi dengan ketik “ipconfig/all” kemudian enter.

Setelah mengetahui tentang default adress, maka kita akan mulai pada inti dari jalan keluarnya:

Advertisements
  • Klik kanan ikon dari WIFI kemudian pilih open network and sharing center.
  • Sudah masuk pada network and sharing center, daftar setting dengan Klik Kanan pada jaringan WIFI bermasalah. Turunlah dengan scroll ke bagian bawah dan klik 2 kali opsi Protocol version 4.
  • Terdapat kolom tentang pengisian IP address dan DNS server. Istilah IP address dan DNS server dengan benar.
  • Ada berbagai alamat IP address dan DNS yang bisa untuk Anda pakai. Namun pastikan untuk memilih IP address dan DNS Standar. DNS standar pada Google adalah 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. Sedangkan untuk pengisian IP address sebaiknya memilih otomatis.
  • Setelah Anda menggantinya, maka klik OK dan kembalilah untuk mencoba mencari atau mendeteksi hotspot WIFI.

Mengatasi Masalah Tidak Terdeteksinya WIFI Pada PC Windows 7

Bukan hanya masalah salah dalam penulisan IP address DNS yang menyebabkan gagalnya PC untuk mendeteksi jaringan hotspot WIFI. Cara mengatasinya jika PC  Windows 7 tidak bisa mendeteksi WIFI akibat sebab kain adalah dengan langkah berikut:

  • Pertama-tama klik run menu CMD pada PC. Langkah untuk melakukannya adalah klik tombol mouse sebelah kanan pada start.
  • Setelah melakukannya, Anda bisa langsung menuliskan “netsh winsock reset”. Setelah itu Anda bisa langsung enter.
  • Segeralah untuk restart PC Windows 7 yang Anda miliki.
  • Pada saat proses memulai kembali PC Windows 7 yang dimiliki, akan terdapat pesan NSS yang memberitahukan jika proses instalasi program anti virus telah berhasil untuk terjadi.
  • Setelah hal tersebut selesai dilakukan, kembalilah untuk restart PC ulang.
  • Setelah PC kembali hidup, maka hotspot WIFI bisa untuk terdeteksi.

Dalam pemanfaatan 2 cara mengatasi PC Windows 7 yang tidak bisa membaca layanan hotspot WIFI, Anda haruslah memperhatikan tentang kestabilan dan tingkat kekuatan jaringan. Jika jaringan provider internet lemah, maka jelas saja hotspot WIFI tidak terdeteksi.

Selain itu, Anda juga harus memastikan tentang keberadaan WIFI yang dimiliki apakah sudah  aktif atau belum. Bila ikon WIFI belum aktif, maka perlu untuk mengaktifkan WIFI terlebih dahulu.

Itulah dua cara yang bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah tentang bagaimana mengatasi PC yang tidak bisa mendeteksi jaringan hotspot WIFI.

Dengan mengetahui akan kedua cara tersebut, maka langkah install ulang yang memerlukan waktu lama dan menghapus semua data tidak perlu lagi untuk Anda lakukan.

Advertisements

Tinggalkan Balasan