Bagaimanakah Cara Mengembalikan Network Adapter yang Hilang?

Diposting pada

Bagaimanakah Cara Mengembalikan Network Adapter yang Hilang? – Anda merupakan pengguna jaringan WIFI? Jikalau iya Anda tentu sudah sering mendengar istilah network adapter tentunya.

Ya, network adapter adalah salah satu program yang terdapat pada komputer atau laptop Anda yang berfungsi untuk mencari jaringan WIFI serta menyambungkan jaringan WIFI tersebut.

Terkadang permasalahan yang sering dialami oleh para pelanggan WIFI ataupun dalam sambungan client server yang terdapat pada warnet mengalami gangguan berupa network adapter yang hilang sehingga tidak dapat mendeteksi adanya jaringan LAN maupun mengakses WIFI tersebut.

Advertisements

Lantas bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut? Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai cara mengembalikan network adapter yang hilang yang sangat penting untuk Anda ketahui tentunya.

Cara Mengembalikan Network Adapter yang Hilang yang Harus Anda Ketahui

Network adapter tentu salah satu komponen yang sangat penting untuk mengakses suatu jaringan WIFI. Oleh karenanya sangat penting bagi Anda untuk memastikan network adapter yang Anda miliki tidak memiliki gangguan sehingga menjalankan fungsi sebagaimana mestinya.

Gangguan yang sering dialami oleh para pengguna adalah berupa network adapter yang hilang sehingga mempersulit akses menuju jaringan WIFI yang ada di sekitar Anda.

Bagi beberapa orang yang tidak mengetahui cara untuk mengatasi gangguan tersebut tentu menjadi hal yang sangat fatal. Bahkan sampai membawa komputer atau laptop yang dimiliki menuju tempat perbaikan laptop.

Padahal gangguan yang Anda pada netwok adapter tersebut dapat diatasi dengan cara manual.

Berikut ini adalah cara mengembalikan network adaptor yang hilang yang harus Anda ketahui :

  • Menggunakan menu BIOS

Salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan network adapter yang hilang adalah dengan menggunakan menu BIOS. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghidupkan personal computer yang Anda miliki lalu tekanlah tombol Delete pada keyboard Anda.

Advertisements

Langkah selanjutnya Anda dapat memeriksa pengaturan chipset lalu carilah device LAN atau interface network adapter apabila terdapat pada personal computer yang Anda miliki.

Setelahnya Anda dapat memastikan status device LAN yang Anda miliki apakah dalam kondisi disable (cacat/rusak) atau dalam kondisi enable (dapat digunakan). Apabila status device LAN dalam kondisi disable maka Anda tidak dapat menggunakan device tersebut sehingga Anda harus mengubahnya menjadi enable.

Apabila telah selesai mengubah status tersebut maka Anda dapat menekan tombol F10 lalu pilih OK atau Yes.

Bagaimanakah Cara Mengembalikan Network Adapter yang Hilang?

  • Mengganti network adapter external

Selanjutnya cara yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan network adapter yang hilang adalah dengan mengganti network adapter external. Cara tersebut dapat dilakukan apabila cara menggunakan menu BIOS sudah tidak dapat dilakukan.

Biasanya kerusakan yang ada telah parah atau tidak dapat diperbaiki. Atau bisa saja kerusakan disebabkan oleh virus sehingga tidak dapat diperbaiki menjadi kondisi seperti sedia kala.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengganti network adapter yang hilang adalah dengan mengatur disable pada on board. Lalu dapat segera mengganti network adaptor yang hilang tersebut dengan network adapter external.

  • Menggunakan command prompt

Kemudian cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan network adapter yang hilang dapat dilakukan dengan menggunakan menu command prompt. Biasanya cara ini dilakukan apabila komputer Anda telah terkena virus.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan klik start lalu pilih all programs pilih accesories dan pilihlah menu command prompt.

Kemudian pada command prompt Anda dapat mengetikkan kode set devmgr_show_nonpresent_devices=1,cd\%SystemRoot%\System32, dan start devmgmt.msc secara urut. Setelah terbuka uninstall driver network lalu kemudian dapat melakukan restart.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan network adapter yang hilang. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Tinggalkan Balasan